Jumat, 07 November 2014

Rivandi_ makalah UMKM Kebab Turki Baba Rafi


KEWIRAUSAHAAN
( UMKM “KEBAB TURKI BABA RAFI”)
OLEH :
NAMA RIVANDI
STAMBUK B1B113157

JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2014


KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Kewirausahaan tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tepat pada waktunya.
           Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Sinarwati,SE.,M.Si yang telah memberikan tugas ini sehingga kami dapat menambah pemahaman kami tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Terima kasih pula kami ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu kami dalam menyusun makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari, bahwa  masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada makalah ini. Hal ini karena keterbatasan kemampuan dari penulis. Oleh karena itu, penulis senantiasa menanti kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak guna penyempurnaan makalah ini.
Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Kami sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

        


                                                                                      Kendari,November 2014
                                                                                                         Kewirausahaan
                                                                                                                                                                    
                                                                                                            Rivandi








DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL…………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR .......................................................................................... ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................ iii
BAB  I  Pendahuluan............................................................................................ 1
    A.     Latar Belakang ...........................................................................................  1
    B.   Profil Usaha................................................................................................... 2
    C.     Produk  ..................................................................................................... 14
    D.   Karyawan  ………………………………………………………………… 21
BAB  II  Analisis.................................................................................................. 24
    A.     Kelebihan................................................................................................. . 24
    B.      Kekurangan ............................................................................................. . 25
    C.    Peluang…………………………………………………………………    27
     D.   Ancaman………………………………………………………………     .28
BAB  III  Penutup ................................................................................................  30
    A.      Kesimpulan ..............................................................................................  30
    B.      Saran .......................................................................................................  31
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................  34







BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Persaingan dalam segala bidang mendorong masyarakat untuk giat dalam mendapatkan penghasilan. Selain menjadi pegawai atau karyawan di suatu institusi, masyarakat saat ini mulai mencoba menjalankan usaha (UMKM) di berbagai hal seperti usaha Franchise. Franchise adalah duplikasi bisnis yang telah sukses, sehingga bagi mereka yang akan membeli bisnis franchise tidak perlu lagi bersusah payah menjalankan bisnis ini dari awal dan tidak perlu harus jatuh bangun untuk memulai bisnis ini. Mereka hanya menjalankan sistem yang telah berjalan tinggal start up langsung meneruskan bisnis  yang  memang telah teruji keberhasilannya.
 Kebab Turki Baba Rafi ( KTBR ) adalah sebuah jaringan waralaba kebab terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 di Surabaya .Sekitar tahun 2010-an, kantor pusatnya dipindahkan ke Jakarta. Saat ini, Kebab Turki Baba Rafi memiliki lebih dari 1000 outlet di Indonesia, Malaysia, dan Filipina.
Kebab adalah makanan khas Timur Tengah (Timteng) yang dibuat dari daging sapi panggang, diracik dengan sayuran segar, dan dibumbui mayonaise, lalu digulung dengan tortila. Sebenarnya, kebab banyak beredar di Qatar dan negara Timteng lainnya.
Sejarah Pada tahun 2005, outlet miliknya telah menerapkan sistem waralaba hingga sekarang. Tak hanya di Indonesia, outlet Kebab Turki Baba Rafi pun juga dibuka di Malaysia dan Filipina. Bahkan, Kebab Turki Baba Rafi telah mendapatkan penghargaan di kancah nasional dan internasional.
          Tahun 2009, Kebab Turki Baba Rafi bekerja sama dengan Belfoods Indonesia untuk peningkatan mutu dan gizi pada dagingnya, serta telah mendapatkan sertifikat resmi dari Badan POM dan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.





B. Profil Usaha
    526386_10150736573443147_888079781_n.jpg1.  Profil Pengusaha
NamaLengkap          Hendy Setiono
Alias                         Hendy | Baba Rafi
Profesi                      Pengusaha
Agama                      Islam
Tempat Lahir            Surabaya
Tanggal Lahir           Rabu, 30 Maret 1983
WargaNegara           Indonesia
Istri                           Nilamsari
Anak                       
            Rafi DarmawanReva Audrey
                                       Zahifa
Ayah                       
            Ir. H. Bambang Sudiono
Ibu               
            Endah Setijowati

Biografi
Hendy Setiono adalah seorang pengusaha muda asal Surabaya, yang dikenal berkat produk dagangnya “Kebab Turki Baba Rafi”. Hendy lahir pada tanggal 30 Mei, Dua Puluh Sembilan tahun yang lalu. Dia merupakan putra pertama dari pasangan Bambang Sudiono dan Endah Setijowati.
Sebelum menjadi seorang pengusaha muda, Hendy Setiono tercatat sebagai seorang mahasiswa Jurusan teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh  November Surabaya .Namun, dia memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliah dan memulai bisnis Kebab Turki.
Hendy merupakan satu dari sekian pengusaha sukses yang pandai melihat peluang bisnis.Ketika duduk di bangku kuliah semester 4, Hendy merintis usahanya dengan seorang teman yang menyukai kuliner, Hasan Baraja. Resep Kebab Turki tersebut dia peroleh ketika dia mengunjungi ayahnya  di Qatar yang bekerja di sebuah perusahaan minyak. Bersama dengan Hasan, Hendy memodifikasi bahan dan bumbu kebab agar sesuai dengan lidah Indonesia.
Dengan modal awal 4 juta rupiah dan dibantu oleh satu karyawan, sekarang Hendy berhasil mendirikan PT Baba Rafi Indonesia.Pada tahun 2008  kedai kebab hendy berjumlah 325 yang tersebar di 50 kota, dan menaungi 700 karyawan.
Kepiawaian Hendy dalam berbisnis telah diakui banyak kalangan.Pada tahun 2006, Majalah Tempo mencatat nama Hendy sebagai 1 dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Selain itu, secara Internasional, Hendy juga dinobatkan sebagai Asia’s Best Enterpreneur Under 25 oleh Majalah Business Week.
Kemudian, pada tahun 2007, Hendy mendapatkan gelar Terbaik I Wirausaha Muda Mandiri 2007 oleh Bank Mandiri. Hendy memiliki moto LETAM yang berarti Lihat peluang yang ada, Evaluasi peluang itu, Tirukan cara yang mungkin diadopsi, Amati  caranya dan lakukan, dan Modifikasi cara yang telah dipilih itu.
Kini, Hendy Setiono banyak diundang dalam seminar kewirausahaan. Dia dapat dihubungi di www.hendysetiono.com.  Bersama dengan Nilamsari, Hendy dianugerahi putra bernama Rafi Darmawan. 

Pendidikan
·         Diploma Lanjutan E-Commerce Komputer Informatika Sekolah Pendidikan Singapura, (2003-2004)
·         Diploma E-Commerce Sekolah Pendidikan Informatika Komputer Singapura, (2002-2003)
·         Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) (tidaktamat), (2000-2002)
·         SMU Negeri 5 Surabaya, (1997-2000)
·         SMP Vidatra Bontang Kalimantan Timur (1994-1997)
·         Sekolah Dasar Twinbrook  Maryland  AmerikaSerikat, (1992-1994)
·         SD YPVDP Bontang Kalimantan Timur (1989-1992)
 Karir
·         Presiden Direktur  PT. Baba Rafi Indonesia – Pendiri Waralaba Bisnis "Kebab Turki Baba Rafi", telah beroperasi lebihdari 750 Outlet di Indonesia dan Malaysia.
·         PresidenDirektur PT. Piramida Zahira-Pendiri Waralaba Bisnis "Piramizza", sekarang beroperasi lebih dari 75 Outlet di Indonesia.
·         Presiden Direktur PT. Panen Raya Indonesia - "AyamBakar Mas Mono", Restoran Ayam Panggang operasi 15 outlet di Indonesia.
·         Wakil Ketua Komite Tetap Pengembangan Kewirausahaan - Indonesia Kamar Dagang dan Industri.
·         Motivator dan Mentor Bisnis Kewirausahaan.

logo.jpg
       2.  Profil Perusahaan

Badan Hukum : PT. Baba Rafi Indonesia
Pemilik Saham : Hendy Setiono
Mulai Beroperasi         : 2003
Kantor Pusat               : Jl. Semolowaru Elok I/17 Surabaya
Jumlah Outlet              : 1020 Counter (tahun 2013)

Kebab  adalah salah satu nama makanan khas dari Timur Tengah yang terdiri dari tortila di dalamnya terdiri dari daging sapi panggang, daun letuce, timun jepang, bombay, tomat, saos, sambal dan mayonese, kemudian digoreng dengan mentega. Kebab Turki ini diaplikasikan di Indonesia dengan bahan baku yang sama dan rasa yang tidak jauh berbeda dari aslinya. Untuk pengelolaannyadaging dengan ukuran besar diasap, baru dipotong, dan diiris tipis-tipis dengan begitu aroma asap membuat daging terasa nikmat. Sedangkan untuk bumbu dan saos dibuat sedikit manis yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.
 Visi dan Misi Kebab Turki Baba Rafi
·         Bagi Karyawan : Menjadikan karyawan merasa memiliki bisnis Kebab Turki Baba Rafi melalui suasana kekeluargaan dan dengan sistem bagi hasil yang adil.
·         Bagi Franchisee : Menjadikan Kebab Turki Baba Rafi sebagai sarana investasi yang menguntungkan dan membanggakan.
·         Bagi Pelanggan : Menjadikan Kebab Turki Baba Rafi menjadi alternatif makanan pilihan dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau.

 Prestasi Kebab Turki Baba Rafi
REKOR.jpg
2010:
·      Pemenang "Anugerah Peduli Pendidikan di Perusahaan Categorized" – Departemen Pendidikan Nasional Indonesia

2009:
·         Pemenang Ernst & Young Entrepreneur Of The Year - "Spirit Award KhususWirausaha 2009" - oleh Ernst & Young Waralaba Terbaik untuk Investasi 2009" – oleh Majalah SWA.
·         Pemenang "Penghargaan Pengusaha Muda Waralaba Indonesia" – oleh Majalah Info Waralaba.
·         Pemenang "Waralaba TOP 30 ASEAN Terbaik" - Majalah Info Waralaba.
·         Pemenang "PemasaranTerbaik - Waralaba Indonesia Of The Year 2009" – oleh Majalah Info Waralaba.
·         Pemenang "Penghargaan Kewirausahaan Pasific Asia 2009" – Posisi Kategori-oleh Enterprise Asia dari Malaysia 2008.

2008 :
·         Pemenang "Kewirausahaan Asia Pasifik Awards 2008" - Kategori Paling Menjanjikan - oleh Enterprise Asia dari Malaysia.
·         Indonesia  Ambasador untuk "Forum Iklim Pemimpin Muda Asia" - oleh British Council.
·         Pemenang "Penghargaan Tahunan Kepemimpinan Most Favorite 2008" - oleh Leadership Award 2008.

2007 :
·         TOP 10 Waralaba Indonesia  - olehMajalah Info Waralaba 2007.
·         Inspirator "SuaraPerubahan" - oleh A Mild Live Soundrenaline 2007
·         Pemenang "Wirausaha Muda Mandiri 2007" (PengusahaMudaMandiri 2007)- Kategori Pasca Sarjana dan Alumni - Bank Mandiri.
·         Pemenang "Best Achievement – Pengusaha Muda Penghargaan 2007" - Bisnis Indonesia.
·         Pemenang "Franchise Terbaik 2007" dalam F Lokal& B Kategori - olehPengusahaMajalah.
·         Pemenang "Manusia Prestasi of The Year 2007" - olehYayasan Citra Profesi Indonesia.
·         Pemenang "Penghargaan Pengusaha Indonesia Terbaik 2007" – dengan Penghargaan Profesional Indonesia (IPA).
·         Pemenang "Indonesian Best Start Up Perusahaan 2007" – Penghargaan oleh Yayasan  Prestasi  Indonesia. Pengusaha  Jawara 2007" - oleh KONTAN.


2006
·         PengusahaTerbaik Asia di bawah 25 tahun" - oleh BusinessWeek
·         10 People Of The Year 2006" – oleh Majalah TEMPO.
·         Pemenang "Enterprise 50" - Pengusaha Hottest padatahun 2006 – oleh Majalah SWA.
·         Pemenang "Citra PengusahaBerprestasi Indonesia Abad 21" – oleh Profesi Indonesia.
·         Pemenang "Kecil dan Menengah Penghargaan Bisnis Pengusaha Indonesia" (ISMBEA 2006 oleh Menteri untuk Kerjasama &  UKM Indonesia.

2005
·         Pemenang 1 "Rencana Bisnis Pengusaha" di Petra Universitas Surabaya
·         Juara 1 dalam "Membuat Uang Dengan Persaingan Tidak ada" di Makassar.

Awal usaha
Berawal saat Hendy Setiono berkunjung  ke Timur Tengah dan menemui banyak outlet yang menjual makanan khas Turki, yaitu kebab.  Dari situlah ia memperoleh ide untuk mengembangkan usaha Kebab Turki di Indonesia. Awalnya ide bisnis pria mudah kelahiran tahun 1983 ini sempat ditentang oleh orang tuanya, tapi karena dia memiliki niat yang besar dan kerja keras yang tinggi memutuskan untuk tetap menjalankan bisnis ini. Bahkan demi menggeluti bisnis kebab ini, Hendy akhirnya menghentikan kuliahnya. Sebuah keputusan yang sangat berani pastinya demi memulai sebuah bisnis melalui outlet yang cukup kecil, laki-laki yang masih muda tersebut memilih untuk menjalankan bisnisnya.
Perjalanan bisnisnya pun juga tidak langsung mulus begitu saja, suka duka berjualan kebab rafi juga sempat dia alami sendiri hingga akhinya 3-4 tahun kemudian dia berhasil memiliki beberapa outlet di beberapa tempat. Usaha ini dimulai pada 2003 dengan membuka outlet pertamanya di Surabaya. Modal awal yang dikeluarkan oleh Hendy saat itu sebesar Rp 4 juta yang ia gunakan untuk membeli gerobak (counter) dan peralatan lainnya seperti kompor dan penggorengan. Namun setelah usahanya berkembang selama hampir 10 tahun, kini ia memiliki outlet  yang berjumlah 1020 pada tahun 2012, yang tersebar dari Indonesia hingga ke Malaysia dan Philipphines. Dapat dipastikan omset yang didapatkan setiap bulannya lebih dari 1 milyar.
Kini, bekerjasama dgn PT Belfoods Indonesia, Hendy tak perlu kuatir dgn produksi daging untuk kebab, karena sudah ditangani oleh ahlinya. Sebab PT Belfoods Indonesia telah memenuhi standar yg telah dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat-obatan dan makanan (BPOM) dan memiliki sertifikat MUI. Untuk mendistribusikan daging yg telah diproduksi oleh PT Belfoods Indonesia, Hendy mendirikan sebuah warehouse yg ia bangun di kota-kota besar, seperti Surabaya, Malang, dan Semarang. Melalui warehouse inilah kemudian daging yg dibutuhkan didistribusikan lagi ke outlet-outlet yg tersebar di sekitarnya. Pengiriman daging ini dilakukan seminggu dua kali atau tergantung kebutuhan. Mengenai kebutuhan daging sapi, Hendy mengungkapkan dalam sehari ia bisa menghabiskan sebanyak 1 ton daging sapi atau setara dgn 7 ekor sapi. Dgn adanya target dibuka sebanyak 1.001 outlet di 2011 ini, maka diperkirakan akan mengahbiskan 3 ton daging sapi/hari.

Untuk menjalankan seluruh outlet Kebab Turki Baba Rafi, sudah terserap sebanyak 1.200 tenaga kerja. Bisa dibaygkan usaha ini sangat prospektif untuk dikembangkan dan membawa banyak manfaat untuk menambah lapangan pekerjaan. Menu andalan Kebab Turki Baba Rafi adalah kebab yg dijual dgn harga Rp 12.000. Selain itu juga ada menu hotdog seharga Rp 10.000, beef burger Rp 9.500, dan menu lainnya. Untuk mengembangkan usahanya, sejak 2005 usaha Kebab Turki Baba Rafi dikelola secara Waralaba (franchise). Hingga 2011 ini, sudah resmi dibuka sebanyak 650 outlet. Namun, untuk daftar tunggunya sudah mencapai angka 750 outlet yg tersebar di seluruh Indonesia.
Ternyata kesuksesan Kebab Turki Baba Rafi tidak hanya di Indonesia. Hendy telah menandatangani MoU dgn Filipina untuk membuka cabang di sana. Usaha ini membuka peluang yg sangat luas. Jika Anda ingin mendulang kesuksesan yg sama, Kebab Turki Baba Rafi membuka kesempatan yg lebar. Dengan modal awal Rp 55 juta, Anda akan mendapatkan 1 set lengkap yg terdiri dari counter dan peralatan lainnya (misal penggorengan dan alat pemanggang daging), karyawan yg sudah dilatih, dibantu mencari lokasi usaha, masa kerja selama 5 tahun, manual book (SOP), paket promosi (misal banner, neon box), dan lain-lain. Hendy mengungkapkan bahwa dalam jangka waktu 18 bulan sudah bisa balik modal. Omzet 1 outlet biasanya sekitar Rp 10-Rp 15 juta per bulan, bahkan ada yg mencapai Rp 60 juta, tergantung dari lokasi usahanya. Usaha ini sangat prospektif untuk dikembangkan karena semakin lama makanan kebab banyak dikenal masyarakat.
Dalam menjalankan usahanya, PT. Kebab Turki Baba Rafi Indonesia menjalin kerjasama dengan PT. Belfoods Indonesia untuk menjadi salah satu suplier daging sapi berkualitas sebagai bahan baku utamanya. 
Pemberian Nama Kebab Turki Baba Rafi
Menurut Hendi Setiyono nama Rafi sendiri diambil dari nama putera sulungnya yang bernama Rafi Darmawan, sedangkan baba dalam bahasa Arab artinya adalah ayah. Jadilah baba rafi adalah ayah rafi.

       Manajemen Usaha
Struktur Organisasi Kebab Turki Baba Rafi
Keterangan Tugas :
-          HRD Manager
1.      Melakukan perekrutan karyawan
2.      Melakukan training  karyawan
3.      Melakukan penilaian harian karyawan
4.      Housing karyawan
5.      Mengurus masalah pemecatan
6.      Pemberian reward
7.      Grade karyawan
8.      Improvement karyawan
9.      IT handling

-          Finance Manager
1.      Menyusun laporan keuangan dari marketing
2.      Menyusun laporan keuangan dari Franchise fee
3.      Menyusun laporan keuangan dari hasil penjualan bahan baku dan distribusinya
4.      Mengalokasikan keuangan untuk  keperluan promosi dan stok bahan baku serta kelengkapan sarana kebab
5.      Membuat grafik bulanan laporan keuangan

-          Quality Assurance Manager
1.      Mengaudit system management pusat satiap seminggu sekali
2.      Mengaudit system franchise (setahun dua kali)
3.      Mengaudit outlet pusat (dua minggu sekali)
4.      Menjaring pendapatan pelanggan
5.      Melaksankana standarisasi rasa dan kualitas produk
6.      Mengontrol  bahan baku harian
7.      Mengaudit setiap proses operasional

-          Daily Service Manager
1.      Melayani penjualan harian franchisee
2.      Menyediakan stok gudang
3.      Mendistribusikan bahan baku
4.      Mempersiapkan stok outlet mandiri
5.      Melakukan program promosi lokal (contoh : voucher)
6.      Mempersiapkan sarana bisnis kebab (contoh : rombong)
Desain outlet Kebab Turki Baba Rafi :
1.      GEROBAG.jpgKonsep gerobag
Analisa Keuangan Type Gerobag
Investasi Awal                        Rp. 65.000.000
Pemasukan
Omzet rata-rata/hari                Rp       580.000
Omzet rata-rata/bulan Rp  17.400.000
Pengeluaran
Pemakaian bahan baku 55%   Rp    9.570.000
Biaya Usaha 20%                    Rp    3.480.000
Royalti 3%                              Rp       600.000
TOTAL PENGELUARAN Rp 13.650.000
Keuntungan Bersih 22%         Rp     3.828.000

Periode Balik Modal 1,4 Tahun
kedai.jpg                                 2.   Konsep Kedai
Analisa Keuangan Type Kedai
Investasi Awal                        Rp. 67.500.000
Pemasukan
Omzet rata-rata/hari                Rp       580.000
Omzet rata-rata/bulan Rp  17.400.000
Pengeluaran
Pemakaian bahan baku 55%   Rp    9.570.000
Biaya Usaha 20%                    Rp    3.480.000
Royalti 3%                              Rp       600.000
TOTAL PENGELUARAN Rp 13.650.000
                                                                    Keuntungan Bersih 22% Rp Rp     3.828.000                              Periode Balik Modal 1,5 Tahun

3.  Konsep Syariah
Dikelola sepenuhnya oleh Franchisor (KTBR), dengan bagi hasil 50:50
syariah.jpg Analisa Keuangan Type Syariah
Investasi Awal                        Rp. 65.000.000
Pemasukan
Omzet rata-rata/hari                Rp       580.000
Omzet rata-rata/bulan Rp  17.400.000
Pengeluaran
Pemakaian bahan baku 55%   Rp    9.570.000
Biaya Usaha 20%                    Rp    3.306.000
Royalti 3%                              Rp       600.000
TOTAL PENGELUARAN Rp 13.476.000
Keuntungan Bersih 23%         Rp     4.002.000
Pembagian Keuntungan 50:50        Rp    2.001.000
Periode Balik Modal 1,4 Tahun
indoor.jpg

4.  Konsep Indoor
 Analisa Keuangan Type Indoor
Investasi Awal            Rp. 120.000.000
Pemasukan
Omzet rata-rata/hari    Rp      1.500.000
Omzet rata-rata/bulan Rp  45.000.000
Pengeluaran
Pemakaian bahan baku 45% Rp    20.250.000
Biaya Usaha 29%        Rp    13.050.000
Royalti 5%                  Rp      2.250.000
TOTAL PENGELUARAN Rp 35.550.000
Keuntungan Bersih 21% Rp     9.450.000
Periode Balik Modal 1,1 Tahun


5. Konsep 25 Jam
25 jam.jpgAnalisa Keuangan Type Gerobag
Investasi Awal                        Rp. 145.000.000
Pemasukan
Omzet rata-rata/hari    Rp      1. 500.000
Omzet rata-rata/bulan Rp  45.000.000
Pengeluaran
Pemakaian bahan baku 55% Rp    24.750.000
Biaya Usaha 20%        Rp    9.000.000
Royalti 5%                  Rp    2.250.000
TOTAL PENGELUARAN Rp 36.000.000
Keuntungan Bersih 20% Rp     9.000.000

Periode Balik Modal 1,3 Tahun

Desain outlet bertujuan untuk menciptakan sebuah desain yang unik, menarik serta customized dari franchisor kepada para franchisee. Dengan menciptakan desain yang menarik, fungsional, sesuai kebutuhan dan sesuai konsep marketing, franchisee akan lebih mudah membangun kepercayaan dan mendapatkan posisi strategis untuk memajukan usahanya.




  Omset Kebab Turki Baba Rafi
Dari seluruh outlet di  Indonesia yang berjumlah 1.020 outlet (2013), PT. Baba Rafi Indonesia mendapatkan omzet tahunan sekitar Rp. 45 Miliar  ditahun 2012. 25% dari omzet yang didapat masuk ke kantong Hendy Setiono selaku owner sebagai laba bersih usaha. Dan target di tahun 2013 adalah Kebab Turki Baba Rafi memperoleh omzet Rp. 60 Miliar.
          Rahasia Sukses Kebab Turki Baba Rafi
Rahasia atau kunci sukses Kebab Turki Baba Rafi adalah terletak pada manajemen usaha dan promosi yang bagus. Kebab Turki Baba Rafi menggunakan sistem franchise atau waralaba, itulah faktor kesuksesan yang terbesar. Pemilihan lokasi untuk outlet Kebab Turki Baba Rafi juga sangat tepat karena hampir semua outletnya terletak di lokasi yang ramai, strategis, dan berada di tengah-tengah pembeli yang potensial seperti di area kampus, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, menu yang ditawarkan juga belum banyak kompetitornya di Indonesia. Dengan menyesuaikan rasa dengan lidah orang Indonesia, Kebab yang merupakan makanan khas Timur-Tengah mudah diterima bahkan digemari oleh orang Indonesia.
pagekebab.jpgC. Produk
                 Menu yang tersedia  diantaranya adalah Kebab, Syawarma, Hotdog Jumbo, Beef Burger, Double Burger, Pita Bread, Canai, dan ada juga menu lainnya yaitu Keripik Singkong, Basreng  (Bakso Goreng), Seblak, Gurilem, dan Lidi dari Produk kripik pedas Si Baba.
                                                   

                                              Kebab
    Kebab Original
http://www.babarafi.com/sites/default/files/Kebab%20Original.png
           Kombinasi antara daging pagang berbumbu yang menggugah selera ditemani sayuran segar dan dilumuri mayonais dan saus yang memberikan sensasi lain di lidah dan dibungkus rapi dengan gulungan tortila yang lembut.

• Kebab Unyu 
      Kombinasi antara daging panggang berbumbu yang menggugah selera ditemani sayuran segar dan dilumuri mayonais dan saus yang memberikan sensasi lain di lidah dan dibungkus rapi dengan gulungan tortila yang lembut. Disajikan dalam ukuran yang lebih kecil.





• Kebab Piscok
http://www.babarafi.com/sites/default/files/Kebab%20Piscok.png
    Rasa manis pisang pilihan dalam tortila lembut  yang ditaburi keju dan mesis memberikan rasa manis yang pas dan lezat dalam mulut.

• Chicken Kebab
     Kombinasi antara daging ayam berbumbu yang menggugah selera ditemani sayuran segar dan dilumuri mayonais dan saus yang memberikan sensasi lain di lidah dan dibungkus rapi dengan gulungan tortila yang lembut.

• Chicken Kebab Mini
http://www.babarafi.com/sites/default/files/chicken-kebab-mini3.png
         Kombinasi antara daging ayam berbumbu yang menggugah selera ditemani sayuran segar dan dilumuri mayonais dan saus yang memberikan sensasi lain di lidah dan dibungkus rapi dengan gulungan tortila yang lembut. Disajikan dalam ukuran yang lebih kecil
          Burger
• Patty Burger
        Daging sapi berukuran jumbo yang di-grill menggunakan mentega ditumpuk bersama sayuran segar dan dimantapkan dengan tumpukan roti ekstra tebal.
• Crispy Burger
http://www.babarafi.com/sites/default/files/burger-crispy.png
            Kerenyahan chicken crispy dengan aroma yang menggoda ditambahkan mayonnaise dan dipadukan dengan roti yang lembut. Sayuran segar seperti timun, tomat, selada menjadikan menu ini lengkap dan nikmat untuk disantap

• Beef Burger
http://www.babarafi.com/sites/default/files/beef-burger.png
       Daging sapi panggang dengan kenikmatan rasa original, ditambah sayuran segar yang menyegarkan rasa.

• Chicken Burger
http://www.babarafi.com/sites/default/files/Chicken%20Burger.png
      Kerenyahan chicken crispy yang mengkriukan Indonesia, dengan cita rasa bumbu original dari rempah-rempah asli Indonesia. Balutan tepung crispy yang terlihat merekah tetapi tetap renyah dan lembut saat dimakan.

Double Beef Burger
http://www.babarafi.com/sites/default/files/double-beef-burger-baru.png
           Double daging sapi panggang menggoda yang ditumpuk bersama sayuran segar, mayonais dan saus yang meramaikan rasa yang sangat memanjakan lidah dan ditutup dengan roti yang tebal. 

• Double Chiken Burger
http://www.babarafi.com/sites/default/files/double-chicken-burger-baru.png
       Tumpukan daging ayam renyah, ditambah tumpukan sayuran segar, disirami mayonais dan saus adalah kombinasi yang menggiurkan didalam tumpukan roti yang tebal dan lembut.

                  Sandwich
http://www.babarafi.com/babarafi/sites/default/files/image_content/menu/sandwich-1st.jpg

• Syawarma
     Rasa original dari daging panggang bercita rasa khas dengan tambahan sayuran segar yang dilapisi roti empuk dan tebal adalah kombinasi baru yang sempurna.

• Italian Sausage
     Kelezatan sosis berukuran jumbo yang diapit oleh roti panjang dengan siraman mayonais dan saus, tidak akan ada yang bisa menolak kenikmatannya.

• Hot Dog 
   Kenikmatan terasa saat mengigit sosis dan sayuran yang dilumuri saus dan mayonais yang terbungkus oleh roti panjang yang lembut.

Canai

Canai Original

http://www.babarafi.com/sites/default/files/canai.png
            Rasa original dari roti tipis yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, air, mentega, dan susu kental manis sehingga menghasilkan rasa  garing dan renyah yang luar biasa.
  Canai Cokelat 
http://www.babarafi.com/sites/default/files/cocokju.png
    Keju dan cokelat adalah kombinasi yang tepat untuk menyantap roti gurih ini. Rasa manis dan gurihnya sangat berkesan di lidah.
Canai Salad
http://www.babarafi.com/sites/default/files/canai-salad-baru.png
          Kerenyahan roti dadar yang disantap bersama sayuran segar bermayonaise, sangat terasa kriuknya.
Other product • Keripik Si Baba (Lidi, Basreng,Gurilam,Kripik,Seblak)
http://www.babarafi.com/sites/default/files/Basreng_0.pnghttp://www.babarafi.com/sites/default/files/Seblak.pnghttp://www.babarafi.com/sites/default/files/Gurilem.pnghttp://www.babarafi.com/sites/default/files/Keripik.pnghttp://www.babarafi.com/sites/default/files/Lidi.png
       Kripik Pedas Berlevel Yang Renyah, Gurih, pack menarik, varian lebih banyak, harga terjangkau dan akan Membuatmu Ketagihan. Kripik Pedas Si Baba,  rasanya luar biasa, ada rasa Pedas Unyu dan Pedas Mampus. Berani sama PEDASNYA?  
  Frozen Food ( Nugget, Sosis, Bakso, Bakso Keju,Kentang)
Aneka ragam makanan baku yang sehat, enak dan bergizi.

                                        kebab 2
D. Karyawan
       Baba Rafi Enterprise, pelaku bisnis waralaba kebab telah membuktikan dirinya bisa menjangkau pasar dunia. Setidaknya, bisnis Kebab turki sudah tersebar di 3 Negara diantaranya Indonesia,Malaysia dan Filipina.  Saat ini ,usahanya jalan sepuluh tahun sudah memiliki 1.020 outlet di 3 Negara.
        Dari 1020 gerai itu, sebanyak 150 adalah milik pribadi Hendy. Sedangkan sisanya merupakan waralaba yang bermitra dengan investor.
        Bicara soal ekspansi, bisnis Baba Rafi bisa dibilang tidak main-main. Sejak mencanangkan go international tahun 2012 lalu, kini bisnis kebab tersebut sudah memiliki 42 gerai di Malaysia dan Filipina.
      Hendy mengatakan, selain masalah omset, pertumbuhan outlet dan bertambahnya jumlah karyawan adalah patokan dari kinerja bisnisnya. Saat ini, jumlah karyawan Baba Rafi sudah mencapai 1900 orang.
     Padahal di tahun pertama bisnisnya, ia hanya memilik enam cabang dengan karyawan sekitar sepuluh orang. Tahun ini, Hendy menargetkan bisa menambah 200 gerai baru langsung di bawah manajemen pusat.
      Selain menambah gerai, Hendy juga akan memperkuat sumber daya manusianya. Ia ingin, seluruh karyawan memiliki kemampuan yang lebih sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi perusahaannya.
Gaji dalam Rp  Indonesia Rupiah
Rata-rata Gaji
Kisaran Gaji Kotor Per Bulan

Gaji di Kebab Turki Baba Rafi

0 Rp. 10,0 Jt
Supervisor Franchise Development
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi
Rp. 1,5 Jt/Bln
Rp. 1,0 Jt - Rp. 2,0 Jt
Copywriter
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi
Rp. 4,0 Jt/Bln
Rp. 3,0 Jt - Rp. 5,0 Jt
Staff Franchise Development
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi
Rp. 2,5 Jt/Bln
Rp. 2,0 Jt - Rp. 3,0 Jt
Operator
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi
Rp. 1,5 Jt/Bln
Rp. 1,0 Jt - Rp. 2,0 Jt
Logistic Supervisor
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi
Rp. 6,0 Jt/Bln
Rp. 5,0 Jt - Rp. 7,0 Jt



       Perencanaan tenaga kerja langsung (TKL), juga perlu memperhatikan hal-hal mengenai kualifikasi, tarif upah, jumlah tenaga yang dibutuhkan, dan persyaratan kerja. Karena dalam usaha ini pemilik juga merupakan investor aktif yang berarti pemilik juga menjalankan pekerjaan operasional, maka system penggajian tidak dihitung secara spesifik melainkan menerima pembagian dari laba yang didapatkan. Sehingga untuk saat ini usaha pemilik belum memerlukan tenaga kerja tambahan karena masih dapat mengelola sendiri usaha ini.
        Adapun tugas dan gaji para karyawan adalah sebagai berikut:
1. Kasir yang bertugas sebagai melayani setiap konsumen yang akan membayar serta membuat laporan pendapatan (omset) setiap hari nya dan gajinya sebsar Rp 3.000.000,00
2. Koki yang bertugas sebagai memasak makanan yang di pesan konsumen  dan gajinya sebesar Rp 2.000.000,00
3. Pelayan yang bertugas sebagai melayani konsumen yang ingin memesan makanan yang telah ada di daftar menu dan gajinya sebesar Rp 1.500.000,00



















BAB II
ANALISIS
A. Kelebihan
  1. Item Produk yang banyak, sehingga bisa memberikan beberapa alternative kepada konsumen dalam memilih menu – menu KTBR
  2. Harga yang cukup terjangkau, bila dibandingkan dengan Doner Kebab yang hanya bermain di segmen atas
  3. Kebab Turki Baba Rafi menghadirkan rasa dan aroma kebab yang bersahabat dengan lidah para konsumen Indonesia
  4. Diferensiasi produk yang unik yaitu makanan khas timur tengah akan tetapi dengan harga terjangkau.
  5. Quality control yang sangat diperhatikan dan dijaga baik, karena outlet dimiliki oleh pemilik sekaligus CEO dari PT Baba Rafi Indonesia.
  6. Pembenahan tampilan outlet mulai dari rombong, peralatan masak, hingga spanduk menu memberikan tampilan outlet lebih modern sehingga bisa menjadi daya tarik bagi orang yang lewat untuk melihatnya.
  7. Bentuk dan ciri kemasan yang menarik, sehingga konsumen bersedia membayar lebih mahal untuk memperoleh kemasan istimewa
8.      Kebab Turki Baba Rafi menyediakan kebab dengan ukuran Small, Medium dan Large sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan memberikan kemudahan dalam pembelian.
  1. Kualitas produk sangat baik
  2. Pemilihan lokasi yang tepat/strategis
  3. Komunikasi pemasaran yang efektif
  4. Kebab Turki Baba Rafi merupakan makanan yang bergizi, lezat,bersih,halal,aman dan praktis
Kuesioner Internal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui kelebihan
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Beragamnya Item Menu yang tersedia
4
0.30
3
0.9
Lokasi penjualan yang strategis
3
0.23
3
0.69
Cita rasa yang khas timur tengah dengan harga kaki lima
3
0.23
3
0.69
Tampilan outlet yang lebih modern dan lebih bersih
3
0.23
4
0.92
Total
13
0.99
9
3.2
 Ukuran pembobotan :                                                  Ukuran Rating Kekuatan :
1 = Sedikit Penting                                                        1 = Sedikit Kuat
2 = Agak Penting                                                           2 = Agak Kuat
3 = Penting                                                                    3 = Kuat
4 = Sangat Penting                                                        4 = Sangat Kuat
B. Kekurangan
  1. Kurangnya promosi sehingga masih banyak orang yang belum kenal dengan  produk Kebab Turki Baba Rafi
  2. Kurangnya kedisiplinan karyawan dalam melakukan pekerjaan
  3. Kurangnya keaktifan dari tenaga penjual dalam melayani konsumen dan kurangnya tenaga penjual dalam hal kerapian (tidak bersepatu, baju berlubang)
  4. Belum adanya surat inin mendirikan outlet sehingga memungkinkan terkena razia pedagang kaki lima oleh Pemkot.
  5. Produk yang dipasarkan memiliki jangka kadaluarsa yang pendek
Kuesioner Internal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui kekurangan
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Kurangnya Promosi
3
0.3
-2
-0.6
Kedisiplinan karyawan dalam melayani pembeli
3
0.3
-3
-0.9
Tidak adanya inovasi dari produk
2
0.2
-3
-0.6
Belum adanya surat ijin resmi untuk mendirikan outlet
2
0.2
-3
-0.6
Produk yang dipasarkan memiliki jangka kadaluarsa yang pendek
2
0.2
-1
-0.2
Total
12
1.2
-12
-2.9

Ukuran Pembobotan :                                                 Ukuran Rating Kekuatan :
1 = Sedikit Penting                                                         -1 = Sedikit Kuat
2 = Agak Penting                                                            -2 = Agak Kuat
3 = Penting                                                                    -3 = Kuat
4 = Sangat Penting                                                       -4 = Sangat Kuat


C. Peluang
  1. Masih terbuka target pasar yang lebih luas
  2. Pertumbuhan iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat
  3. Memastikan bahwa dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang
  4. Belum banyak pesaing dalam makanan ini
  5. Meningkatnya gaya hidup beberapa konsumen akan makanan
  6. Pendistribusian produk yang mudah ke berbagai daerah karena luasnya jaringan
  7. Kebab merupakan makanan praktis
Kuesioner Eksternal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Peluang
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Target Pasar yang masih terbuka lebar
4
0.3
3
0.9
Pola hidup masyarakat yang menyukai sesuatu yang praktis
3
0.23
4
0.92
Promosi yang luas menjangkau semua kalangan
3
0.23
3
0.9
Belum banyak pesaing yang menggeluti bidang makanan ini
3
0.23
3
0.9
Total
13
0.99
13
3.62

Ukuran Pembobotan :                                                Ukuran Rating Peluang:
1 = Sedikit Penting                                                        1 = Sedikit Berpeluang
2 = Agak Penting                                                           2 = Agak Berpeluang
3 = Penting                                                                    3 = Berpeluang
4 = Sangat Penting                                                        4 = Sangat Berpeluang
D.  Ancaman
  1. Kompetitor baru bermunculan
  2. Mewaspadai kompetitor lain yang terus melakukan perubahan agar lebih inovatif
  3. Inovasi dan variasi produk baru yang dikeluarkan pesaing
  4. Banyak nya kompetitor yang gencar beriklan
  5. Tingginya harga bahan mentah
  6. Banyak konsumen yang mulai bosan
  7. Belum adanya cabang /outlet yang tersebar ke pelosok kota kecil.
Kuesioner Eksternal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Ancaman
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Banyak pesaing yang bermunculan
4
0.3
-3
-0.9
Tingginya harga barang mentah 
3
0.23
-3
-0.69
Konsumen yang sudah mulai bosan
3
0.23
-2
-0.46
Belum adanya cabang yang tersebar di pelosok kota kecil
3
0.23
-2
-0.46
Total
13
0.99
10
-2.51

Ukuran pembobotan :                                                   Ukuran Rating Peluang:
1 = Sedikit penting                                                         -1 = Sedikit Ancaman
2 = Agak penting                                                            -2 = Agak Mengancam
3 = Penting                                                                     -3 = Mengancam
4 = Sangat penting                                                         -4 = Sangat Mengancam














BAB III
PENUTUP
·         Kesimpulan
UMKM adalah singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. UMKM adalah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara indonesia ukm ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat.
Kebab Turki Baba Rafi termasuk dalam kriteria Usaha Menengah karena omzet per tahunnya kurang dari Rp. 50.000.000.000,-. Nama Baba Rafi diambil dari nama anak pertama Hendy Setiono yaitu ‘Rafi’ dan ‘Baba’ yang artinya ayah dalam bahasa Indonesia, sehingga Baba Rafi memiliki arti ‘Ayah Rafi’. Kebab Turki Baba Rafi sampai 2013 telah memiliki 1.020 outlet yang tersebar di Indonesia,Malaysia dan Filipina. Dari berbagai macam kriteria usaha yang bisa dikatakan sukses, Kebab Turki Baba  Rafi telah memenuhi semuanya sehingga Kebab Turki Baba Rafi memang pantas dikatakan sukses. Selain itu, kesuksesannya terlihat dari prestasi yang diperoleh bahkan hingga tingkat Internasional.
Menu yang tersedia dalam kebab turki baba rafi diantaranya adalah Kebab, Syawarma, Hotdog Jumbo, Beef Burger, Double Burger, Pita Bread, Canai, dan ada juga menu lainnya yaitu Keripik Singkong, Basreng  (Bakso Goreng), Seblak, Gurilem, dan Lidi dari Produk kripik pedas Si Baba. Hendy mengatakan, selain masalah omset, pertumbuhan outlet dan bertambahnya jumlah karyawan adalah patokan dari kinerja bisnisnya. Saat ini, jumlah karyawan Baba Rafi sudah mencapai 1900 orang.
    Kebab Turki Baba Rafi sukses karena mempunyai kelebihan dalam usahanya yaitu,
  1. Item Produk yang banyak, sehingga bisa memberikan beberapa alternative kepada konsumen dalam memilih menu – menu KTBR
  2. Harga yang cukup terjangkau, bila dibandingkan dengan Doner Kebab yang hanya bermain di segmen atas
  3. Kebab Turki Baba Rafi menghadirkan rasa dan aroma kebab yang bersahabat dengan lidah para konsumen Indonesia
  4. Diferensiasi produk yang unik yaitu makanan khas timur tengah akan tetapi dengan harga terjangkau.
  5. Quality control yang sangat diperhatikan dan dijaga baik, karena outlet dimiliki oleh pemilik sekaligus CEO dari PT Baba Rafi Indonesia.
  6. Pembenahan tampilan outlet mulai dari rombong, peralatan masak, hingga spanduk menu memberikan tampilan outlet lebih modern sehingga bisa menjadi daya tarik bagi orang yang lewat untuk melihatnya.
  7. Bentuk dan ciri kemasan yang menarik, sehingga konsumen bersedia membayar lebih mahal untuk memperoleh kemasan istimewa
8.      Kebab Turki Baba Rafi menyediakan kebab dengan ukuran Small, Medium dan Large sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan memberikan kemudahan dalam pembelian.
B.  Saran
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah perlu dikembangkan karena peran UMKM dalam Perekonomian Nasional cukup besar yaitu meningkatkan lajunya perekonomian masyarakat. UMKM ini juga sangat membantu negara/pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UMKM juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga.
Jika dalam suatu Negara mempunyai Entrepreneurship 10% maka Negara tersebut akan maju.Maka dari itu diharapkan kepada semua orang agar dapat membuka usaha baik Mikro,Kecil maupun Menengah .Salah satu usaha yang sukses yaitu Kebab Turki Baba Rafi.

Sebagai saran kepada UKM  Kebab Turki Baba Rafi agar usahanya semakin sukses  yaitu kegiatan promosi ditingkatkan karena masih  banyak orang yang belum kenal dengan  produk Kebab Turki Baba Rafi,selain itu strategi pemasaranpun juga ditingkatkan agar dapat mengetahui keinginan konsumen yang selalu berubah,dan yang terakhir terus melakukan inovasi produk.
Demikian makalah yang saya buat, apabila ada kekurangan mohon dimaklumi dan kami mengharapkan kritik dan saran kepada semua kepada pembaca demi kesempurnaan makalah ini,semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

























DAFTAR PUSTAKA
 2012, Belajar dari Kisah Sukses Kebab Baba Rafi, http://menjadiwirausaha.com/belajar-dari-kisah-sukses-kebab-baba-rafi/. Diakses pada tanggal 7 Desember 2013.
2012, Hendy Setiono, http://profil.merdeka.com/indonesia/h/hendy-setiono/. Diakses pada tanggal 7 Desember 2013.
2012, Hendy Setiono, Bos Kebab Turki,  http://ceritapengusaha.blogspot.com/2012/02/hendy-setiono-bos-kebab-turki.html. Diakses pada tanggal 7 Desember 2013.
Babarafi.com
Depkop, Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Menurut UU No. 20 Tahun 2008 Tentang UMKM, http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=129. Diakses pada tanggal 7 Desember 2013.
Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2008  tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).



 DON'T FORGET COMMENT :) !!!

11 komentar:

  1. Makalah yang bagus :-)
    Izin Copas ya :-)

    BalasHapus
  2. ijin copas ya .. trus kalau mau cari gmbar struktur organisasinya d,na ya ? buat laporan kkl, soalnya kemaren habsi kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbb ya, kalau struktur orgnisasinya ada di dalam makalhnya tpi kalau ngga bisa kebuka gambarnya ,klik aja linknya,mksih atas kunjungannya,

      Hapus
  3. ijin copas ya gan,,,,,,
    mau di buat refernsi

    BalasHapus
  4. ijin copas ya gan, buat tambahan referensi, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. terimakasih telah berbagi informasi sekaligus ilmu bermanfaat dalam makalah ini, sangat membantu para pembaca...
    Software Kasir Restoran

    BalasHapus
  6. mantabbbb, detail... izin copas gan buat referensi. mudah-mudahan jd berkah.

    BalasHapus
  7. Izin copas ka, buat reserensi🙏

    BalasHapus
  8. semoga tidak hanya jadi sekedar makalah, tapi bisa segera di eksekusi untuk bisnis kebab frozen agar bisa segera sukses.

    BalasHapus