KEWIRAUSAHAAN
OLEH
:
NAMA
RIVANDI
STAMBUK
B1B113157
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah Kewirausahaan tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
(UMKM) tepat pada waktunya.
Penulis mengucapkan terima kasih
kepada Ibu Sinarwati,SE.,M.Si yang telah memberikan tugas ini sehingga kami
dapat menambah pemahaman kami tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Terima
kasih pula kami ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu kami dalam
menyusun makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini, penulis
menyadari, bahwa masih terdapat banyak
kesalahan dan kekurangan pada makalah ini. Hal ini karena keterbatasan
kemampuan dari penulis. Oleh karena itu, penulis senantiasa menanti kritik dan
saran yang bersifat membangun dari semua pihak guna penyempurnaan makalah ini.
Sekali lagi, kami ucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga makalah ini dapat
terselesaikan. Kami sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita
semua.
Kendari,November 2014
Kewirausahaan
Rivandi
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL…………………………………………………………… i
KATA
PENGANTAR .......................................................................................... ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................ iii
BAB I
Pendahuluan............................................................................................ 1
A. Latar
Belakang ........................................................................................... 1
B. Profil Usaha...................................................................................................
2
C. Produk .....................................................................................................
14
D. Karyawan ………………………………………………………………… 21
BAB II Analisis..................................................................................................
24
A. Kelebihan................................................................................................. .
24
B. Kekurangan ............................................................................................. .
25
C.
Peluang…………………………………………………………………
27
D.
Ancaman………………………………………………………………
.28
BAB III
Penutup ................................................................................................ 30
A. Kesimpulan .............................................................................................. 30
B. Saran ....................................................................................................... 31
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................................ 34
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Persaingan dalam segala bidang
mendorong masyarakat untuk giat dalam mendapatkan penghasilan. Selain menjadi
pegawai atau karyawan di suatu institusi, masyarakat saat ini mulai mencoba
menjalankan usaha (UMKM) di berbagai hal seperti usaha Franchise. Franchise adalah duplikasi bisnis
yang telah sukses, sehingga bagi mereka yang akan membeli bisnis franchise
tidak perlu lagi bersusah payah menjalankan bisnis ini dari awal dan tidak
perlu harus jatuh bangun untuk memulai bisnis ini. Mereka hanya menjalankan
sistem yang telah berjalan tinggal start up langsung meneruskan bisnis
yang memang telah teruji keberhasilannya.
Kebab Turki Baba Rafi (
KTBR ) adalah sebuah jaringan waralaba kebab
terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 di
Surabaya .Sekitar tahun 2010-an,
kantor pusatnya dipindahkan ke Jakarta. Saat ini, Kebab Turki
Baba Rafi memiliki lebih dari 1000 outlet di Indonesia, Malaysia,
dan Filipina.
Kebab adalah makanan khas Timur Tengah (Timteng) yang dibuat
dari daging sapi panggang, diracik dengan sayuran segar, dan dibumbui
mayonaise, lalu digulung dengan tortila. Sebenarnya, kebab banyak beredar di
Qatar dan negara Timteng lainnya.
Sejarah Pada tahun 2005,
outlet miliknya telah menerapkan sistem waralaba
hingga sekarang. Tak hanya di Indonesia, outlet Kebab Turki Baba Rafi pun juga
dibuka di Malaysia
dan Filipina.
Bahkan, Kebab Turki Baba Rafi telah mendapatkan penghargaan di kancah nasional
dan internasional.
Tahun 2009, Kebab Turki Baba Rafi bekerja
sama dengan Belfoods Indonesia
untuk peningkatan mutu dan gizi pada dagingnya, serta telah mendapatkan
sertifikat resmi dari Badan POM
dan sertifikat halal
dari Majelis Ulama Indonesia.
B.
Profil Usaha

NamaLengkap : Hendy Setiono
Alias : Hendy
| Baba Rafi
Profesi : Pengusaha
Agama : Islam
Tempat Lahir : Surabaya
Tanggal Lahir : Rabu, 30 Maret 1983
WargaNegara : Indonesia
Istri : Nilamsari
Anak : Rafi Darmawan, Reva Audrey
Anak : Rafi Darmawan, Reva Audrey
Zahifa
Ayah : Ir. H. Bambang Sudiono
Ibu : Endah Setijowati
Ayah : Ir. H. Bambang Sudiono
Ibu : Endah Setijowati
Biografi
Hendy Setiono adalah seorang
pengusaha muda asal Surabaya, yang dikenal berkat produk dagangnya “Kebab Turki
Baba Rafi”. Hendy lahir pada tanggal 30 Mei, Dua
Puluh Sembilan tahun yang lalu. Dia merupakan putra pertama dari pasangan
Bambang Sudiono dan Endah Setijowati.
Sebelum menjadi seorang pengusaha
muda, Hendy Setiono tercatat sebagai seorang mahasiswa Jurusan teknik
Informatika Institut Teknologi Sepuluh
November Surabaya .Namun, dia memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliah
dan memulai bisnis Kebab Turki.
Hendy merupakan satu dari sekian
pengusaha sukses yang pandai melihat peluang bisnis.Ketika duduk di bangku
kuliah semester 4, Hendy merintis usahanya dengan seorang teman yang menyukai
kuliner, Hasan Baraja. Resep Kebab Turki tersebut dia peroleh ketika dia mengunjungi ayahnya di Qatar yang bekerja di sebuah perusahaan
minyak. Bersama dengan Hasan, Hendy memodifikasi bahan dan bumbu kebab agar
sesuai dengan lidah Indonesia.
Dengan modal awal 4 juta rupiah dan
dibantu oleh satu karyawan, sekarang Hendy berhasil mendirikan PT Baba Rafi
Indonesia.Pada tahun 2008 kedai kebab
hendy berjumlah 325 yang tersebar di 50 kota, dan menaungi 700 karyawan.
Kepiawaian Hendy dalam berbisnis
telah diakui banyak kalangan.Pada tahun 2006, Majalah Tempo mencatat nama Hendy
sebagai 1 dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Selain itu, secara
Internasional, Hendy juga dinobatkan sebagai Asia’s Best Enterpreneur Under 25
oleh Majalah Business Week.
Kemudian, pada tahun 2007, Hendy
mendapatkan gelar Terbaik I Wirausaha Muda Mandiri 2007 oleh Bank Mandiri. Hendy memiliki moto LETAM yang
berarti Lihat peluang yang ada, Evaluasi peluang itu, Tirukan cara yang mungkin diadopsi, Amati
caranya dan lakukan, dan Modifikasi
cara yang telah dipilih itu.
Kini, Hendy Setiono banyak diundang
dalam seminar kewirausahaan. Dia dapat dihubungi di www.hendysetiono.com.
Bersama dengan Nilamsari, Hendy dianugerahi putra bernama Rafi Darmawan.
Pendidikan
·
Diploma
Lanjutan E-Commerce Komputer Informatika Sekolah Pendidikan Singapura,
(2003-2004)
·
Diploma
E-Commerce Sekolah Pendidikan Informatika Komputer Singapura, (2002-2003)
·
Teknik
Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) (tidaktamat),
(2000-2002)
·
SMU
Negeri 5 Surabaya, (1997-2000)
·
SMP
Vidatra Bontang Kalimantan Timur (1994-1997)
·
Sekolah
Dasar Twinbrook Maryland AmerikaSerikat, (1992-1994)
·
SD
YPVDP Bontang Kalimantan Timur (1989-1992)
Karir
·
Presiden
Direktur PT. Baba Rafi Indonesia –
Pendiri Waralaba Bisnis "Kebab Turki Baba Rafi", telah beroperasi
lebihdari 750 Outlet di Indonesia dan Malaysia.
·
PresidenDirektur
PT. Piramida Zahira-Pendiri Waralaba Bisnis "Piramizza", sekarang
beroperasi lebih dari 75 Outlet di Indonesia.
·
Presiden
Direktur PT. Panen Raya Indonesia - "AyamBakar Mas Mono", Restoran
Ayam Panggang operasi 15 outlet di Indonesia.
·
Wakil
Ketua Komite Tetap Pengembangan Kewirausahaan - Indonesia Kamar Dagang dan
Industri.
·
Motivator
dan Mentor Bisnis Kewirausahaan.

2.
Profil Perusahaan
Badan Hukum : PT.
Baba Rafi Indonesia
Pemilik Saham :
Hendy Setiono
Mulai Beroperasi :
2003
Kantor Pusat :
Jl. Semolowaru Elok I/17 Surabaya
Jumlah Outlet :
1020 Counter (tahun 2013)
Kebab adalah salah satu nama makanan khas dari
Timur Tengah yang terdiri dari tortila di dalamnya terdiri dari daging sapi
panggang, daun letuce, timun jepang, bombay, tomat, saos, sambal dan mayonese,
kemudian digoreng dengan mentega. Kebab Turki ini diaplikasikan di Indonesia
dengan bahan baku yang sama dan rasa yang tidak jauh berbeda dari aslinya.
Untuk pengelolaannyadaging dengan ukuran besar diasap, baru dipotong, dan
diiris tipis-tipis dengan begitu aroma asap membuat daging terasa nikmat.
Sedangkan untuk bumbu dan saos dibuat sedikit manis yang disesuaikan dengan lidah
orang Indonesia.
Visi dan Misi Kebab Turki Baba Rafi
·
Bagi
Karyawan : Menjadikan karyawan merasa memiliki bisnis Kebab Turki Baba Rafi
melalui suasana kekeluargaan dan dengan sistem bagi hasil yang adil.
·
Bagi
Franchisee : Menjadikan Kebab Turki
Baba Rafi sebagai sarana investasi yang menguntungkan dan membanggakan.
·
Bagi
Pelanggan : Menjadikan Kebab Turki Baba Rafi menjadi alternatif makanan pilihan
dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau.
Prestasi Kebab Turki Baba Rafi

2010:
· Pemenang "Anugerah Peduli
Pendidikan di Perusahaan Categorized" – Departemen Pendidikan Nasional
Indonesia
2009:
·
Pemenang
Ernst & Young Entrepreneur Of The Year - "Spirit Award KhususWirausaha
2009" - oleh Ernst & Young Waralaba Terbaik untuk Investasi 2009"
– oleh Majalah SWA.
·
Pemenang
"Penghargaan Pengusaha Muda Waralaba Indonesia" – oleh Majalah Info
Waralaba.
·
Pemenang
"Waralaba TOP 30 ASEAN Terbaik" - Majalah Info Waralaba.
·
Pemenang
"PemasaranTerbaik - Waralaba Indonesia Of The Year 2009" – oleh
Majalah Info Waralaba.
·
Pemenang
"Penghargaan Kewirausahaan Pasific Asia 2009" – Posisi Kategori-oleh
Enterprise Asia dari Malaysia 2008.
2008 :
·
Pemenang
"Kewirausahaan Asia Pasifik Awards 2008" - Kategori Paling
Menjanjikan - oleh Enterprise Asia dari Malaysia.
·
Indonesia Ambasador untuk "Forum Iklim Pemimpin
Muda Asia" - oleh British Council.
·
Pemenang
"Penghargaan Tahunan Kepemimpinan Most Favorite 2008" - oleh
Leadership Award 2008.
2007 :
·
TOP
10 Waralaba Indonesia - olehMajalah Info
Waralaba 2007.
·
Inspirator
"SuaraPerubahan" - oleh A Mild Live Soundrenaline 2007
·
Pemenang
"Wirausaha Muda Mandiri 2007" (PengusahaMudaMandiri 2007)- Kategori
Pasca Sarjana dan Alumni - Bank Mandiri.
·
Pemenang
"Best Achievement – Pengusaha Muda Penghargaan 2007" - Bisnis
Indonesia.
·
Pemenang
"Franchise Terbaik 2007" dalam F Lokal& B Kategori - olehPengusahaMajalah.
·
Pemenang
"Manusia Prestasi of The Year 2007" - olehYayasan Citra Profesi
Indonesia.
·
Pemenang
"Penghargaan Pengusaha Indonesia Terbaik 2007" – dengan Penghargaan
Profesional Indonesia (IPA).
·
Pemenang
"Indonesian Best Start Up Perusahaan 2007" – Penghargaan oleh Yayasan Prestasi Indonesia. Pengusaha Jawara 2007" - oleh KONTAN.
2006
·
PengusahaTerbaik
Asia di bawah 25 tahun" - oleh BusinessWeek
·
10
People Of The Year 2006" – oleh Majalah TEMPO.
·
Pemenang
"Enterprise 50" - Pengusaha Hottest padatahun 2006 – oleh Majalah SWA.
·
Pemenang
"Citra PengusahaBerprestasi Indonesia Abad 21" – oleh Profesi Indonesia.
·
Pemenang
"Kecil dan Menengah Penghargaan Bisnis Pengusaha Indonesia" (ISMBEA 2006 oleh Menteri untuk Kerjasama & UKM Indonesia.
2005
·
Pemenang
1 "Rencana Bisnis Pengusaha" di Petra Universitas
Surabaya
·
Juara
1 dalam "Membuat Uang Dengan Persaingan Tidak ada" di Makassar.
Awal usaha
Berawal saat Hendy Setiono berkunjung ke Timur Tengah dan menemui
banyak outlet yang menjual makanan khas Turki, yaitu kebab. Dari situlah
ia memperoleh ide untuk mengembangkan usaha Kebab Turki di Indonesia. Awalnya
ide bisnis pria mudah kelahiran tahun 1983 ini sempat ditentang oleh orang tuanya,
tapi karena dia memiliki niat yang besar dan kerja keras yang tinggi memutuskan
untuk tetap menjalankan bisnis ini. Bahkan demi menggeluti bisnis kebab ini,
Hendy akhirnya menghentikan kuliahnya. Sebuah keputusan yang sangat berani pastinya demi
memulai sebuah bisnis melalui outlet yang cukup kecil, laki-laki yang masih
muda tersebut memilih untuk menjalankan bisnisnya.
Perjalanan bisnisnya pun juga tidak langsung mulus begitu saja, suka duka
berjualan kebab rafi juga sempat dia alami sendiri hingga akhinya 3-4 tahun
kemudian dia berhasil memiliki beberapa outlet di beberapa tempat. Usaha ini
dimulai pada 2003 dengan membuka outlet pertamanya di Surabaya. Modal awal yang
dikeluarkan oleh Hendy saat itu sebesar Rp 4 juta yang ia gunakan untuk membeli
gerobak (counter) dan peralatan lainnya seperti kompor dan penggorengan.
Namun setelah usahanya berkembang selama hampir 10 tahun, kini ia memiliki
outlet yang berjumlah 1020 pada tahun 2012, yang tersebar dari Indonesia
hingga ke Malaysia dan Philipphines. Dapat dipastikan omset yang didapatkan
setiap bulannya lebih dari 1 milyar.
Kini,
bekerjasama dgn PT Belfoods Indonesia, Hendy tak perlu kuatir dgn produksi
daging untuk kebab, karena sudah ditangani oleh ahlinya. Sebab PT Belfoods
Indonesia telah memenuhi standar yg telah dikeluarkan oleh Badan Pengawas
Obat-obatan dan makanan (BPOM) dan memiliki sertifikat MUI. Untuk
mendistribusikan daging yg telah diproduksi oleh PT Belfoods Indonesia, Hendy
mendirikan sebuah warehouse yg ia bangun di kota-kota besar, seperti Surabaya,
Malang, dan Semarang. Melalui warehouse inilah kemudian daging yg dibutuhkan
didistribusikan lagi ke outlet-outlet yg tersebar di sekitarnya. Pengiriman
daging ini dilakukan seminggu dua kali atau tergantung kebutuhan. Mengenai
kebutuhan daging sapi, Hendy mengungkapkan dalam sehari ia bisa menghabiskan
sebanyak 1 ton daging sapi atau setara dgn 7 ekor sapi. Dgn adanya target
dibuka sebanyak 1.001 outlet di 2011 ini, maka diperkirakan akan mengahbiskan 3
ton daging sapi/hari.
Untuk
menjalankan seluruh outlet Kebab Turki Baba Rafi, sudah terserap sebanyak 1.200
tenaga kerja. Bisa dibaygkan usaha ini sangat prospektif untuk dikembangkan dan
membawa banyak manfaat untuk menambah lapangan pekerjaan. Menu andalan Kebab
Turki Baba Rafi adalah kebab yg dijual dgn harga Rp 12.000. Selain itu juga ada
menu hotdog seharga Rp 10.000, beef burger Rp 9.500, dan menu lainnya. Untuk
mengembangkan usahanya, sejak 2005 usaha Kebab Turki Baba Rafi dikelola secara
Waralaba (franchise). Hingga 2011 ini, sudah resmi dibuka sebanyak 650 outlet.
Namun, untuk daftar tunggunya sudah mencapai angka 750 outlet yg tersebar di
seluruh Indonesia.
Ternyata
kesuksesan Kebab Turki Baba Rafi tidak hanya di Indonesia. Hendy telah
menandatangani MoU dgn Filipina untuk membuka cabang di sana. Usaha ini membuka
peluang yg sangat luas. Jika Anda ingin mendulang kesuksesan yg sama, Kebab
Turki Baba Rafi membuka kesempatan yg lebar. Dengan modal awal Rp 55 juta, Anda
akan mendapatkan 1 set lengkap yg terdiri dari counter dan peralatan lainnya
(misal penggorengan dan alat pemanggang daging), karyawan yg sudah dilatih,
dibantu mencari lokasi usaha, masa kerja selama 5 tahun, manual book (SOP),
paket promosi (misal banner, neon box), dan lain-lain. Hendy mengungkapkan
bahwa dalam jangka waktu 18 bulan sudah bisa balik modal. Omzet 1 outlet
biasanya sekitar Rp 10-Rp 15 juta per bulan, bahkan ada yg mencapai Rp 60 juta,
tergantung dari lokasi usahanya. Usaha ini sangat prospektif untuk dikembangkan
karena semakin lama makanan kebab banyak dikenal masyarakat.
Dalam menjalankan usahanya, PT. Kebab Turki Baba Rafi
Indonesia menjalin kerjasama dengan PT. Belfoods Indonesia untuk menjadi salah
satu suplier daging sapi berkualitas sebagai bahan baku utamanya.
Pemberian
Nama Kebab Turki Baba Rafi
Menurut Hendi Setiyono nama Rafi sendiri diambil dari nama putera sulungnya
yang bernama Rafi Darmawan, sedangkan baba dalam bahasa Arab artinya adalah
ayah. Jadilah baba rafi adalah ayah rafi.
Manajemen Usaha
Struktur Organisasi Kebab Turki Baba Rafi
Keterangan
Tugas :
-
HRD
Manager
1.
Melakukan
perekrutan karyawan
2.
Melakukan
training karyawan
3.
Melakukan
penilaian harian karyawan
4.
Housing karyawan
5.
Mengurus
masalah pemecatan
6.
Pemberian
reward
7.
Grade karyawan
8.
Improvement karyawan
9.
IT
handling
-
Finance
Manager
1.
Menyusun
laporan keuangan dari marketing
2.
Menyusun
laporan keuangan dari Franchise fee
3.
Menyusun
laporan keuangan dari hasil penjualan bahan baku dan distribusinya
4.
Mengalokasikan
keuangan untuk keperluan promosi dan
stok bahan baku serta kelengkapan sarana kebab
5.
Membuat
grafik bulanan laporan keuangan
-
Quality
Assurance Manager
1.
Mengaudit
system management pusat satiap
seminggu sekali
2.
Mengaudit
system franchise (setahun dua kali)
3.
Mengaudit
outlet pusat (dua minggu sekali)
4.
Menjaring
pendapatan pelanggan
5.
Melaksankana
standarisasi rasa dan kualitas produk
6.
Mengontrol bahan baku harian
7.
Mengaudit
setiap proses operasional
-
Daily
Service Manager
1.
Melayani
penjualan harian franchisee
2.
Menyediakan
stok gudang
3.
Mendistribusikan
bahan baku
4.
Mempersiapkan
stok outlet mandiri
5.
Melakukan
program promosi lokal (contoh : voucher)
6.
Mempersiapkan
sarana bisnis kebab (contoh : rombong)
Desain
outlet Kebab Turki Baba Rafi :
1.
Konsep
gerobag

Analisa Keuangan Type Gerobag
Investasi
Awal Rp. 65.000.000
Pemasukan
Omzet
rata-rata/hari Rp 580.000
Omzet
rata-rata/bulan Rp 17.400.000
Pengeluaran
Pemakaian
bahan baku 55% Rp 9.570.000
Biaya
Usaha 20% Rp 3.480.000
Royalti
3% Rp 600.000
TOTAL PENGELUARAN Rp
13.650.000
Keuntungan
Bersih 22% Rp 3.828.000
Periode Balik Modal 1,4
Tahun

Analisa
Keuangan Type Kedai
Investasi Awal Rp.
67.500.000
Pemasukan
Omzet rata-rata/hari Rp 580.000
Omzet rata-rata/bulan Rp 17.400.000
Pengeluaran
Pemakaian bahan baku 55% Rp 9.570.000
Biaya Usaha 20% Rp 3.480.000
Royalti 3% Rp 600.000
TOTAL
PENGELUARAN Rp 13.650.000
Keuntungan Bersih
22% Rp Rp 3.828.000 Periode
Balik Modal 1,5 Tahun
3. Konsep Syariah
Dikelola sepenuhnya oleh Franchisor (KTBR), dengan bagi
hasil 50:50

Investasi
Awal Rp. 65.000.000
Pemasukan
Omzet
rata-rata/hari Rp 580.000
Omzet
rata-rata/bulan Rp 17.400.000
Pengeluaran
Pemakaian
bahan baku 55% Rp 9.570.000
Biaya
Usaha 20% Rp 3.306.000
Royalti
3% Rp 600.000
TOTAL PENGELUARAN Rp
13.476.000
Keuntungan
Bersih 23% Rp 4.002.000
Pembagian Keuntungan 50:50 Rp 2.001.000
Periode Balik Modal 1,4
Tahun

4. Konsep Indoor
Analisa
Keuangan Type Indoor
Investasi Awal Rp. 120.000.000
Pemasukan
Omzet
rata-rata/hari Rp 1.500.000
Omzet
rata-rata/bulan Rp 45.000.000
Pengeluaran
Pemakaian bahan
baku 45% Rp 20.250.000
Biaya Usaha 29% Rp
13.050.000
Royalti 5% Rp 2.250.000
TOTAL PENGELUARAN Rp 35.550.000
Keuntungan Bersih
21% Rp 9.450.000
Periode Balik Modal 1,1
Tahun
5. Konsep 25 Jam

Investasi Awal Rp.
145.000.000
Pemasukan
Omzet rata-rata/hari Rp 1. 500.000
Omzet rata-rata/bulan Rp 45.000.000
Pengeluaran
Pemakaian bahan baku 55% Rp 24.750.000
Biaya Usaha 20% Rp 9.000.000
Royalti 5% Rp 2.250.000
TOTAL
PENGELUARAN Rp 36.000.000
Keuntungan Bersih 20% Rp 9.000.000
Periode
Balik Modal 1,3 Tahun
Desain outlet
bertujuan untuk menciptakan sebuah desain yang unik, menarik serta customized
dari franchisor kepada para franchisee. Dengan menciptakan desain
yang menarik, fungsional, sesuai kebutuhan dan sesuai konsep marketing, franchisee akan lebih mudah membangun
kepercayaan dan mendapatkan posisi strategis untuk memajukan usahanya.
Omset Kebab Turki Baba Rafi
Dari seluruh outlet di
Indonesia yang berjumlah 1.020 outlet (2013), PT. Baba Rafi Indonesia
mendapatkan omzet tahunan sekitar Rp. 45 Miliar
ditahun 2012. 25% dari omzet yang didapat masuk ke kantong Hendy Setiono
selaku owner sebagai laba bersih usaha. Dan target di tahun 2013 adalah Kebab
Turki Baba Rafi memperoleh omzet Rp. 60 Miliar.
Rahasia Sukses Kebab Turki Baba
Rafi
Rahasia
atau kunci sukses Kebab Turki Baba Rafi adalah terletak pada manajemen usaha
dan promosi yang bagus. Kebab Turki Baba Rafi menggunakan sistem franchise atau waralaba, itulah faktor
kesuksesan yang terbesar. Pemilihan lokasi untuk outlet Kebab Turki Baba Rafi
juga sangat tepat karena hampir semua outletnya terletak di lokasi yang ramai, strategis, dan berada
di tengah-tengah pembeli yang potensial seperti di area kampus, pusat
perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, menu yang ditawarkan juga
belum banyak kompetitornya di Indonesia. Dengan menyesuaikan rasa dengan lidah
orang Indonesia, Kebab yang merupakan makanan khas Timur-Tengah mudah diterima
bahkan digemari oleh orang Indonesia.

Menu yang tersedia
diantaranya adalah Kebab, Syawarma,
Hotdog Jumbo, Beef Burger, Double Burger, Pita Bread,
Canai, dan
ada juga menu lainnya yaitu Keripik Singkong, Basreng (Bakso
Goreng), Seblak, Gurilem, dan Lidi dari Produk kripik pedas Si Baba.

Kebab
•
Kebab Original

Kombinasi antara daging pagang berbumbu yang menggugah selera ditemani sayuran segar dan dilumuri mayonais dan saus yang memberikan sensasi lain di lidah dan dibungkus rapi dengan gulungan tortila yang lembut.

Kombinasi antara daging pagang berbumbu yang menggugah selera ditemani sayuran segar dan dilumuri mayonais dan saus yang memberikan sensasi lain di lidah dan dibungkus rapi dengan gulungan tortila yang lembut.
• Kebab Unyu
Kombinasi antara daging panggang berbumbu yang menggugah selera ditemani
sayuran segar dan dilumuri mayonais dan saus yang memberikan sensasi lain di
lidah dan dibungkus rapi dengan gulungan tortila yang lembut. Disajikan dalam
ukuran yang lebih kecil.
• Kebab Piscok

Rasa manis pisang pilihan dalam tortila lembut yang ditaburi keju
dan mesis memberikan rasa manis yang pas dan lezat dalam mulut.
• Chicken Kebab
Kombinasi antara daging ayam berbumbu yang menggugah selera ditemani
sayuran segar dan dilumuri mayonais dan saus yang memberikan sensasi lain di
lidah dan dibungkus rapi dengan gulungan tortila yang lembut.
• Chicken Kebab Mini


Kombinasi antara daging ayam berbumbu
yang menggugah selera ditemani sayuran segar dan dilumuri mayonais dan saus
yang memberikan sensasi lain di lidah dan dibungkus rapi dengan gulungan
tortila yang lembut. Disajikan dalam ukuran yang lebih kecil
Burger
• Patty
Burger
Daging sapi berukuran jumbo yang di-grill menggunakan mentega ditumpuk bersama sayuran segar dan dimantapkan dengan tumpukan roti ekstra tebal.
Daging sapi berukuran jumbo yang di-grill menggunakan mentega ditumpuk bersama sayuran segar dan dimantapkan dengan tumpukan roti ekstra tebal.
• Crispy
Burger


Kerenyahan chicken crispy dengan
aroma yang menggoda ditambahkan mayonnaise dan dipadukan dengan roti yang
lembut. Sayuran segar seperti timun, tomat, selada menjadikan menu ini lengkap
dan nikmat untuk disantap
• Beef Burger


Daging sapi panggang dengan kenikmatan
rasa original, ditambah sayuran segar yang menyegarkan rasa.
• Chicken Burger


Kerenyahan chicken crispy yang mengkriukan Indonesia, dengan cita rasa
bumbu original dari rempah-rempah asli Indonesia. Balutan tepung crispy yang
terlihat merekah tetapi tetap renyah dan lembut saat dimakan.
• Double Beef Burger


Double daging sapi panggang menggoda
yang ditumpuk bersama sayuran segar, mayonais dan saus yang meramaikan rasa
yang sangat memanjakan lidah dan ditutup dengan roti yang tebal.
• Double Chiken Burger


Tumpukan daging ayam renyah, ditambah
tumpukan sayuran segar, disirami mayonais dan saus adalah kombinasi yang
menggiurkan didalam tumpukan roti yang tebal dan lembut.
Sandwich

• Syawarma
Rasa original dari daging panggang bercita rasa khas dengan tambahan
sayuran segar yang dilapisi roti empuk dan tebal adalah kombinasi baru yang
sempurna.
• Italian Sausage
Kelezatan sosis berukuran jumbo yang diapit oleh roti panjang dengan
siraman mayonais dan saus, tidak akan ada yang bisa menolak kenikmatannya.
• Hot Dog
Kenikmatan terasa saat mengigit sosis dan sayuran yang dilumuri saus dan
mayonais yang terbungkus oleh roti panjang yang lembut.
Canai
• Canai Original

Rasa original dari roti tipis yang
dibuat dari adonan tepung terigu, telur, air, mentega, dan susu kental manis
sehingga menghasilkan rasa garing dan renyah yang luar biasa.
• Canai Cokelat

Keju dan cokelat adalah kombinasi yang
tepat untuk menyantap roti gurih ini. Rasa manis dan gurihnya sangat berkesan
di lidah.
• Canai Salad

Kerenyahan roti dadar yang disantap
bersama sayuran segar bermayonaise, sangat terasa kriuknya.
Other
product • Keripik Si Baba (Lidi,
Basreng,Gurilam,Kripik,Seblak)










Kripik Pedas Berlevel Yang Renyah,
Gurih, pack menarik, varian lebih banyak, harga terjangkau dan akan Membuatmu
Ketagihan. Kripik Pedas Si Baba, rasanya luar biasa, ada rasa Pedas Unyu
dan Pedas Mampus. Berani sama PEDASNYA?
• Frozen Food ( Nugget, Sosis, Bakso, Bakso
Keju,Kentang)
Aneka ragam makanan
baku yang sehat, enak dan bergizi.
D.
Karyawan
Baba Rafi
Enterprise, pelaku bisnis waralaba kebab telah membuktikan dirinya bisa
menjangkau pasar dunia. Setidaknya, bisnis Kebab turki sudah tersebar di 3 Negara diantaranya Indonesia,Malaysia dan
Filipina. Saat ini ,usahanya jalan sepuluh
tahun sudah memiliki 1.020 outlet di 3 Negara.
Dari 1020 gerai itu, sebanyak
150 adalah milik pribadi Hendy. Sedangkan sisanya merupakan waralaba yang
bermitra dengan investor.
Bicara soal
ekspansi, bisnis Baba Rafi bisa dibilang tidak main-main. Sejak mencanangkan go
international tahun 2012 lalu, kini bisnis kebab tersebut sudah memiliki 42
gerai di Malaysia dan Filipina.
Hendy mengatakan,
selain masalah omset, pertumbuhan outlet dan bertambahnya jumlah karyawan adalah patokan
dari kinerja bisnisnya. Saat ini, jumlah karyawan Baba Rafi sudah mencapai 1900 orang.
Padahal di tahun
pertama bisnisnya, ia hanya memilik enam cabang dengan karyawan sekitar sepuluh
orang. Tahun ini, Hendy menargetkan bisa menambah 200 gerai baru langsung di
bawah manajemen pusat.
Selain menambah
gerai, Hendy juga akan memperkuat sumber daya manusianya. Ia ingin, seluruh
karyawan memiliki kemampuan yang lebih sehingga bisa memberikan yang terbaik
bagi perusahaannya.
Gaji dalam Rp
![]() |
Rata-rata Gaji
|
Kisaran Gaji
Kotor Per Bulan
|
Gaji
di Kebab Turki Baba Rafi
|
0 Rp. 10,0 Jt
|
|
Supervisor
Franchise Development
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi |
Rp. 1,5 Jt/Bln
|
Rp.
1,0 Jt - Rp. 2,0 Jt
|
Copywriter
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi |
Rp. 4,0 Jt/Bln
|
Rp.
3,0 Jt - Rp. 5,0 Jt
|
Staff
Franchise Development
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi |
Rp. 2,5 Jt/Bln
|
Rp.
2,0 Jt - Rp. 3,0 Jt
|
Operator
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi |
Rp. 1,5 Jt/Bln
|
Rp.
1,0 Jt - Rp. 2,0 Jt
|
Logistic
Supervisor
1 Gaji di Kebab Turki Baba Rafi |
Rp. 6,0 Jt/Bln
|
Rp.
5,0 Jt - Rp. 7,0 Jt
|
Perencanaan tenaga kerja langsung (TKL), juga perlu memperhatikan
hal-hal mengenai kualifikasi, tarif upah, jumlah tenaga yang dibutuhkan, dan
persyaratan kerja. Karena dalam usaha ini pemilik juga merupakan investor aktif
yang berarti pemilik juga menjalankan pekerjaan operasional, maka system
penggajian tidak dihitung secara spesifik melainkan menerima pembagian dari
laba yang didapatkan. Sehingga untuk saat ini usaha pemilik belum memerlukan
tenaga kerja tambahan karena masih dapat mengelola sendiri usaha ini.
Adapun tugas dan gaji para karyawan
adalah sebagai berikut:
1. Kasir yang
bertugas sebagai melayani setiap konsumen yang akan membayar serta membuat
laporan pendapatan (omset) setiap hari nya dan gajinya sebsar Rp 3.000.000,00
2. Koki yang
bertugas sebagai memasak makanan yang di pesan konsumen dan gajinya sebesar Rp 2.000.000,00
3.
Pelayan yang bertugas sebagai melayani konsumen yang ingin memesan makanan yang
telah ada di daftar menu dan gajinya sebesar Rp 1.500.000,00
BAB
II
ANALISIS
A. Kelebihan
- Item Produk yang banyak, sehingga bisa memberikan beberapa alternative kepada konsumen dalam memilih menu – menu KTBR
- Harga yang cukup terjangkau, bila dibandingkan dengan Doner Kebab yang hanya bermain di segmen atas
- Kebab Turki Baba Rafi menghadirkan rasa dan aroma kebab yang bersahabat dengan lidah para konsumen Indonesia
- Diferensiasi produk yang unik yaitu makanan khas timur tengah akan tetapi dengan harga terjangkau.
- Quality control yang sangat diperhatikan dan dijaga baik, karena outlet dimiliki oleh pemilik sekaligus CEO dari PT Baba Rafi Indonesia.
- Pembenahan tampilan outlet mulai dari rombong, peralatan masak, hingga spanduk menu memberikan tampilan outlet lebih modern sehingga bisa menjadi daya tarik bagi orang yang lewat untuk melihatnya.
- Bentuk dan ciri kemasan yang menarik, sehingga konsumen bersedia membayar lebih mahal untuk memperoleh kemasan istimewa
8. Kebab Turki Baba Rafi menyediakan
kebab dengan ukuran Small, Medium dan Large sehingga dapat menyesuaikan dengan
kebutuhan konsumen dan memberikan kemudahan dalam pembelian.
- Kualitas produk sangat baik
- Pemilihan lokasi yang tepat/strategis
- Komunikasi pemasaran yang efektif
- Kebab Turki Baba Rafi merupakan makanan yang bergizi, lezat,bersih,halal,aman dan praktis
Kuesioner
Internal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui kelebihan
Faktor Strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Beragamnya Item Menu yang tersedia
|
4
|
0.30
|
3
|
0.9
|
Lokasi penjualan yang strategis
|
3
|
0.23
|
3
|
0.69
|
Cita rasa yang khas timur tengah
dengan harga kaki lima
|
3
|
0.23
|
3
|
0.69
|
Tampilan outlet yang lebih modern
dan lebih bersih
|
3
|
0.23
|
4
|
0.92
|
Total
|
13
|
0.99
|
9
|
3.2
|
Ukuran
pembobotan :
Ukuran Rating Kekuatan :
1 =
Sedikit Penting
1 = Sedikit Kuat
2 = Agak
Penting
2 = Agak Kuat
3 =
Penting
3 = Kuat
4 = Sangat
Penting
4 = Sangat Kuat
B.
Kekurangan
- Kurangnya promosi sehingga masih banyak orang yang belum kenal dengan produk Kebab Turki Baba Rafi
- Kurangnya kedisiplinan karyawan dalam melakukan pekerjaan
- Kurangnya keaktifan dari tenaga penjual dalam melayani konsumen dan kurangnya tenaga penjual dalam hal kerapian (tidak bersepatu, baju berlubang)
- Belum adanya surat inin mendirikan outlet sehingga memungkinkan terkena razia pedagang kaki lima oleh Pemkot.
- Produk yang dipasarkan memiliki jangka kadaluarsa yang pendek
Kuesioner Internal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui
kekurangan
Faktor Strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Kurangnya Promosi
|
3
|
0.3
|
-2
|
-0.6
|
Kedisiplinan karyawan dalam
melayani pembeli
|
3
|
0.3
|
-3
|
-0.9
|
Tidak adanya inovasi dari produk
|
2
|
0.2
|
-3
|
-0.6
|
Belum adanya surat ijin resmi
untuk mendirikan outlet
|
2
|
0.2
|
-3
|
-0.6
|
Produk yang dipasarkan memiliki
jangka kadaluarsa yang pendek
|
2
|
0.2
|
-1
|
-0.2
|
Total
|
12
|
1.2
|
-12
|
-2.9
|
Ukuran
Pembobotan :
Ukuran Rating Kekuatan :
1 =
Sedikit Penting
-1 = Sedikit Kuat
2 = Agak
Penting
-2 = Agak Kuat
3 =
Penting
-3 = Kuat
4 = Sangat
Penting
-4 = Sangat Kuat
C. Peluang
- Masih terbuka target pasar yang lebih luas
- Pertumbuhan iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat
- Memastikan bahwa dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang
- Belum banyak pesaing dalam makanan ini
- Meningkatnya gaya hidup beberapa konsumen akan makanan
- Pendistribusian produk yang mudah ke berbagai daerah karena luasnya jaringan
- Kebab merupakan makanan praktis
Kuesioner Eksternal Faktor Analysis Strategi Untuk
Mengetahui Peluang
Faktor Strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Target Pasar yang masih terbuka
lebar
|
4
|
0.3
|
3
|
0.9
|
Pola hidup masyarakat yang
menyukai sesuatu yang praktis
|
3
|
0.23
|
4
|
0.92
|
Promosi yang luas menjangkau semua
kalangan
|
3
|
0.23
|
3
|
0.9
|
Belum banyak pesaing yang
menggeluti bidang makanan ini
|
3
|
0.23
|
3
|
0.9
|
Total
|
13
|
0.99
|
13
|
3.62
|
Ukuran
Pembobotan :
Ukuran Rating Peluang:
1 =
Sedikit Penting
1 = Sedikit Berpeluang
2 = Agak
Penting
2 = Agak Berpeluang
3 =
Penting
3 = Berpeluang
4 = Sangat
Penting
4 = Sangat Berpeluang
D. Ancaman
- Kompetitor baru bermunculan
- Mewaspadai kompetitor lain yang terus melakukan perubahan agar lebih inovatif
- Inovasi dan variasi produk baru yang dikeluarkan pesaing
- Banyak nya kompetitor yang gencar beriklan
- Tingginya harga bahan mentah
- Banyak konsumen yang mulai bosan
- Belum adanya cabang /outlet yang tersebar ke pelosok kota kecil.
Kuesioner Eksternal Faktor Analysis Strategi Untuk
Mengetahui Ancaman
Faktor Strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Banyak pesaing yang bermunculan
|
4
|
0.3
|
-3
|
-0.9
|
Tingginya harga barang
mentah
|
3
|
0.23
|
-3
|
-0.69
|
Konsumen yang sudah mulai bosan
|
3
|
0.23
|
-2
|
-0.46
|
Belum adanya cabang yang tersebar
di pelosok kota kecil
|
3
|
0.23
|
-2
|
-0.46
|
Total
|
13
|
0.99
|
10
|
-2.51
|
Ukuran
pembobotan :
Ukuran Rating Peluang:
1 =
Sedikit penting
-1 = Sedikit Ancaman
2 = Agak
penting
-2 = Agak
Mengancam
3 =
Penting
-3 = Mengancam
4 = Sangat
penting
-4 = Sangat Mengancam
BAB III
PENUTUP
·
Kesimpulan
UMKM adalah singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. UMKM adalah salah satu bagian penting
dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara
indonesia ukm ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian
masyarakat.
Kebab Turki Baba Rafi termasuk dalam kriteria Usaha
Menengah karena omzet per tahunnya kurang dari Rp. 50.000.000.000,-. Nama Baba
Rafi diambil dari nama anak pertama Hendy Setiono yaitu ‘Rafi’ dan ‘Baba’ yang
artinya ayah dalam bahasa Indonesia, sehingga Baba Rafi memiliki arti ‘Ayah
Rafi’. Kebab Turki Baba Rafi sampai 2013 telah memiliki 1.020 outlet yang
tersebar di Indonesia,Malaysia dan Filipina. Dari berbagai macam kriteria usaha
yang bisa dikatakan sukses, Kebab Turki Baba
Rafi telah memenuhi semuanya sehingga Kebab Turki Baba Rafi memang
pantas dikatakan sukses. Selain itu, kesuksesannya terlihat dari prestasi yang
diperoleh bahkan hingga tingkat Internasional.
Menu yang tersedia dalam kebab turki baba rafi diantaranya adalah
Kebab, Syawarma, Hotdog Jumbo, Beef Burger, Double Burger, Pita Bread, Canai,
dan ada juga menu lainnya yaitu Keripik Singkong, Basreng (Bakso Goreng), Seblak, Gurilem, dan Lidi
dari Produk kripik pedas Si Baba. Hendy mengatakan, selain masalah omset, pertumbuhan outlet
dan bertambahnya jumlah karyawan adalah patokan dari kinerja bisnisnya. Saat
ini, jumlah karyawan Baba Rafi sudah mencapai 1900 orang.
Kebab Turki Baba Rafi sukses karena
mempunyai kelebihan dalam usahanya yaitu,
- Item Produk yang banyak, sehingga bisa memberikan beberapa alternative kepada konsumen dalam memilih menu – menu KTBR
- Harga yang cukup terjangkau, bila dibandingkan dengan Doner Kebab yang hanya bermain di segmen atas
- Kebab Turki Baba Rafi menghadirkan rasa dan aroma kebab yang bersahabat dengan lidah para konsumen Indonesia
- Diferensiasi produk yang unik yaitu makanan khas timur tengah akan tetapi dengan harga terjangkau.
- Quality control yang sangat diperhatikan dan dijaga baik, karena outlet dimiliki oleh pemilik sekaligus CEO dari PT Baba Rafi Indonesia.
- Pembenahan tampilan outlet mulai dari rombong, peralatan masak, hingga spanduk menu memberikan tampilan outlet lebih modern sehingga bisa menjadi daya tarik bagi orang yang lewat untuk melihatnya.
- Bentuk dan ciri kemasan yang menarik, sehingga konsumen bersedia membayar lebih mahal untuk memperoleh kemasan istimewa
8. Kebab Turki Baba Rafi menyediakan
kebab dengan ukuran Small, Medium dan Large sehingga dapat menyesuaikan dengan
kebutuhan konsumen dan memberikan kemudahan dalam pembelian.
B. Saran
Usaha Mikro, Kecil,
dan Menengah perlu dikembangkan karena peran UMKM dalam Perekonomian Nasional
cukup besar yaitu meningkatkan lajunya perekonomian masyarakat. UMKM ini juga sangat membantu
negara/pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UMKM juga banyak tercipta unit unit kerja
baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah
tangga.
Jika dalam suatu Negara mempunyai Entrepreneurship
10% maka Negara tersebut akan maju.Maka dari itu diharapkan kepada semua orang
agar dapat membuka usaha baik Mikro,Kecil maupun Menengah .Salah satu usaha
yang sukses yaitu Kebab Turki Baba Rafi.
Sebagai saran kepada UKM Kebab Turki Baba Rafi agar usahanya semakin
sukses yaitu kegiatan promosi ditingkatkan karena
masih banyak orang yang belum kenal
dengan produk Kebab Turki Baba
Rafi,selain itu strategi pemasaranpun juga ditingkatkan agar dapat mengetahui
keinginan konsumen yang selalu berubah,dan yang terakhir terus melakukan
inovasi produk.
Demikian makalah yang saya buat, apabila ada
kekurangan mohon dimaklumi dan kami mengharapkan kritik dan saran kepada semua kepada
pembaca demi kesempurnaan makalah ini,semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi
kita semua.
DAFTAR PUSTAKA
2012, Belajar dari Kisah Sukses Kebab Baba Rafi, http://menjadiwirausaha.com/belajar-dari-kisah-sukses-kebab-baba-rafi/. Diakses pada tanggal 7 Desember 2013.
2012, Hendy Setiono, http://profil.merdeka.com/indonesia/h/hendy-setiono/. Diakses pada tanggal 7 Desember 2013.
2012, Hendy Setiono, Bos Kebab Turki, http://ceritapengusaha.blogspot.com/2012/02/hendy-setiono-bos-kebab-turki.html. Diakses pada tanggal 7 Desember 2013.
Babarafi.com
Depkop, Kriteria
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Menurut UU No. 20
Tahun 2008 Tentang UMKM, http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=129. Diakses pada tanggal 7 Desember 2013.
Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro,
Kecil dan Menengah (UMKM).
DON'T FORGET COMMENT :) !!!
Makalah yang bagus :-)
BalasHapusIzin Copas ya :-)
iya silahkan
BalasHapusijin copas ya .. trus kalau mau cari gmbar struktur organisasinya d,na ya ? buat laporan kkl, soalnya kemaren habsi kesana
BalasHapussbb ya, kalau struktur orgnisasinya ada di dalam makalhnya tpi kalau ngga bisa kebuka gambarnya ,klik aja linknya,mksih atas kunjungannya,
Hapusijin copas ya gan,,,,,,
BalasHapusmau di buat refernsi
ijin copas ya gan, buat tambahan referensi, terimakasih sebelumnya
BalasHapusterimakasih telah berbagi informasi sekaligus ilmu bermanfaat dalam makalah ini, sangat membantu para pembaca...
BalasHapusSoftware Kasir Restoran
mantabbbb, detail... izin copas gan buat referensi. mudah-mudahan jd berkah.
BalasHapuskeren banget kak makalah nya
BalasHapusElever Agency
Izin copas ka, buat reserensi🙏
BalasHapussemoga tidak hanya jadi sekedar makalah, tapi bisa segera di eksekusi untuk bisnis kebab frozen agar bisa segera sukses.
BalasHapus